Rabu, 14 Desember 2016

Contoh PERANGKAT PEMBELAJARAN GURU *PROGAM TAHUNAN *PROGRAM SEMESTER *SILABUS *RPP *EVALUASI

TUGAS  PELAJARAN
PRAKTEK PEMBELAJARAN LAPANGAN ( P P L )
PERANGKAT PEMBELAJARAN GURU
v  PROGAM TAHUNAN
v  PROGRAM SEMESTER
v  SILABUS
v  RPP
v  EVALUASI

Disususn Oleh: ARIDOL PUTRA

Dosen Pembimbing : AMZAD. M.PD

Image result for stai as sunnah

JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB
FAKUTAS TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AS-SUNNAH DELI DERDANG
2015




PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran          : Tauhid                                  Status Pendidikan       : MAN
Nama Sekolah             : MAN 2 Payakumbuh                        Kelas                           : XII   
Tahun Pembelajaran              : 2014 / 2015                           Waktu                         : 60 JP

SEMESTER
NO
STANDAR KOMPETENSI & KOMPETENSI DASAR
WAKTU
KET
GENAP

v  Memahami amar ma’ruf nahi mungkar serta dalil-dalil dari Al-Qur’an dan Sunnah.
·            Menjelaskan definisi amar ma’aruf nahi mungkar.
·            Menunjukkan dalil-dalil tentang amar ma’ruf nahi mungkar.
·            Menjelaskan keutamaan amar ma’ruf nahi mungkar.
·            Menjelaskan akibat dan pengaruh buruk bagi orang yang meninggalkan amar ma’ruf nahi mungkar.
8 JP
8  x  45”

Mengetahui                                                                Payakumbuh, 15 Me2015
Kepala Sekolah Man 2 Payakumbuh                     Guru Bidang Studi

IRFANDRI, S.Pd.I, M.A                                         Aridol Putra, S.Pd.I
NIP :                                                                           NIP :




PROGRAM SEMESTER

Mata Pelajaran          : Tauhid
Satuan Pendidikan    : Madrasah Aliyah
Tahun Pelajaran       : 2014 / 2015
Semester                     : 2 ( Dua )

Standar Kompetensi & Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Bulan

Juli
Agus
Sep
Okt

Nov

Des

v Memahami Amar ma’ruf nahi mungkar serta dalil-dalil dari Al-Qur’an dan Hadits.

























  • Menjelaskan definisi amar ma’ruf nahi munngkar.
2 x 45”
  • d























  • Menunjukkan dalil-dalil tentang amar ma’ruf nahi mungkar.
2 x 45”
























  • Menjelaskan keutamaan amar ma’ruf nahi mungkar.
2 x 45”
























  • Menjelaskan akibat dan pengaruh buruk bagi orang yang meninggalkan amar ma’ruf nahi mungkar.

2 x 45”

























v Ulangan harian
2 x 45”
























v Ujian tengah semester
2 x 45”
























v Ujian akhir semester
2 x 45”



























Mengetahui                                                                            Payakumbuh, 15 Mei 2015
Kepala Sekolah Man 2 Payakumbuh                                 Guru Bidang Studi

IRFANDRI, S.Pd.I, M.A                                                     Aridol Putra, S.Pd.I
NIP :                                                                                       NIP




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah           : MAN 2 Payakumbuh
Mata Pelajaran          : Tauhid
Kelas / Semester        : XII /
Alokasi Waktu           : 2 (Dua)

  1. Standar Kompetensi
v  Memahami Amar Ma’ruf Nahi Mungkar Serta Dalil-Dalil dari Al-Qur’an dan Hadits.
  1. Kompetensi Dasar
Ø  Menjelaskan definisi a ma’ruf nahi mungkar
Ø  Menunkkan dalil-dalil tentang amar ma’ruf nahi mungkar
Ø  Menjelaskan keutamaan amar ma’ruf nahi mungkar
Ø  Menjelaskan akibat dan pengaruh buruk bagi orang yang meninggalkan amar ma’ruf nahi mungkar
  1. Materi Pembelajaran
  • Amar Ma’ruf Nahi Mungkar
  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah
  • Diskusi
  • Menghafal

  1. Langkah-Langkah Pembelajaran
NO
URAIAN KEGIATAN
WAKTU
1
Ø  Kegiatan Awal
v  Apersepsi
v  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi amar ma’ruf nahi mungkar
v  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfa’at mempelajari amar ma’ruf nahi mungkar
10 menit
2
Ø  Kegiatan Inti
v  Siswa membaca referensi tentang amar ma’ruf nahi munngkar
v  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang amar ma’ruf nahi mungkar
v  Siswa mendiskusikan tentang apa yang telah dipelajarinya
60 menit
3
Ø  Kegiatan Akhir
v  Tanya jawab tentang materi amarma’ruf nahi mungkar
v  Guru memberikan tugas tentang amar ma’ruf nahi mungkar direferensi atau buku-buku ang lain.
20 menit


  1. Sumber Belajar Dan Media Pembelajaran
ü  Al-Qur’an terjemahan dan hadits
ü  Buku amar ma’ruf nahi mungkar(menut ahlu Sunnah)
ü  Proyektor ( meninton contoh orang-orang yang beramar ma’ruf nahi mungkar




  1. Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Pilihan
Contoh Instrumen
Ø  Dapat menjelaskan penrtian amar ma’ruf nahi mungkar
Ø  Dapat menyenbutkan dalil-dalil nya
Ø  Dapat mengetahui keutamaan orang yang mengamalkan amar ma’ruf nahi mungkar
Ø  Dapat menjelaskan akibat dan pengaruh bagi orang-orang yang meninggalkan amar ma’ruf nahi mungkar


·     Tes tertulis
·     Hafalan
·     Tes tertulis
·     Tes tertulis


v  Uraian
v  Uraian

ü  Jelaskan makna amar ma’ruf nahi mungkar
ü  Sebutkan dalil-dalil yang memerintahkan beramarma’ruf dannahi mungkar
ü  Apa saja keutamaan amar ma’ruf nahi mungkar
ü  Sebutkan akibat bagi orang yang meninggalkan amar ma’ruf nahi mungkar

Mengetahui                                                                Payakumbuh, 15 Mei2015
Kepala Sekolah Man 2 Payakumbuh                     Guru Bidang Studi

IRFANDRI, S.Pd.I, M.A                                         Aridol Putra, S.Pd.I
NIP :                                                                           NIP




EVALUASI

v  Pengertian evaluasi
Yang dimaksud dengan evaluasi adalah suatu kegiatan untuk menentukan taraf kemajuan dalam pendidikan. Evaluasi merupakan alat untuk mengukur samapi dimana pengusaan murid terhdap bahan pendidikan yang telah deberikan
Adapun ruang lingkup evaluasi pendidikan mencakup penilaian terhadap kemajuan belajar atau hasil belajar murid dalamaspek  pengetahuan keterampilan dan sikap yang telah diikuti dalam pembelajaran.
Evalusi terbagi menjadi tiga :
1.         Kognitif (pengetahuan)
2.         Afektif (sikap)
3.         Psikomotorik (skill)

v  Fungsi dan tujuan evalusi adalah :
ü  Evaluasi formatif
ü  Evaluasi sumatif
ü  Evaluasi placement
ü  Evaluasi diagnostik
Formatif untuk memberikan umpan balik kepada guru sebagai dasar untuk memperbaiki proses belajar mengajar dalam mengadakan perbaikan program bagi murid, dengan demikian hasil promatif ialah hasil ujian jangka pendek pada akhir satuan belajar.
Sumatif (sumatif) adalah hasil ujian jangka panjang untuk menentukan hasil belajar masing-masing murid yang demikian diantara lain untuk memberikan laporan penilaian kepada orang tua dan penentuan kenaikan kelas.
Placement (penetapan) untuk menetapkan murid dalam situasi belajar mengajar yang tepat sesuai dengan program dan sesuai dengan kemampuan murid.
Diagnostik (untuk mengenala latar belakang) murid yang mengalami kesulitan belajar.
v  Jenis evaluasi
  • Evaluasi harian
  • Evaluasi umum
  • Evaluasi pada akhir tahun
Ø  Evaluasi harian adalah kegiatan evaluasi yang dilakukan tiap hari baik yang telah diberikan ataupun tidak.
Ø  Evaluasi umum adalah hasil belajar yang dilakukan setiap catur wulan atau akhir pembelajaran
Ø  Evaluasi pada akhir tahunan,yaitu yang dilakukan untuk mentukan kenaikan kelas.
v  Cara dan tekhik evaluasi
  • Cara evalusi
ü  Kuantitatif yaitu hasil evaluasi yang diberikan dalam bentuk angka, misalnya  60, 70, 85 dan lain-lain.
ü  Kualitatif yaitu hasil evaluasi yang diberikan dalam bentuk verbal, msalnya baik, kurang, baik sekali, dan lain-lain.
  • Teknik evaluasi
ü  Tekhnik evaluasi digunakan disekolah dapat dibedakan kedalam dua golongan pokok yaitu :
  • Tes
Tes igunakan untuk menilai kemampuan murid yang meliputi pengetahuan dan keterampilan sebagai hasil belajar bakat khusus dan intrlejensi yaitu terdiri dari tiga bentuk :
  1. Uraian esai tes, dibagi dua yaitu :
a.       Uraian bebas/free
b.      Uraian terbatas (limited easey)
  1. Objek tes
  1. Benar, salah
  2. Pilihan ganda
  3. Menjodohkan
  4. Isian
  5. Jawaban singkat
  1. Bentuk tes lain, selain bentuk esai tes dan objektif tes terdapat bentuk tes yang berbeda antara lain :
  1. Bentuk ikhtisar
  2. Bentuk laporan
  3. Bentuk khusus dalam perjalanan bahasa
  • Non tes
Digunakan untuk menilai karakteristik lainnya misalnya, minat, sikap dan kepribadian murid.
Terdiri antara lain :
  1. Obsepasi terkontrol
  2. Wawancara atau interviu
  3. Inventari
  4. Question naire
  5. Anec detail accounts
v  Macam-macam tes
Tes terbagi menjadi tiga :
  • Tes tertulis
  • Tes lisan
  • Tes perbuatan
Aspek yang bersifat kognitif (ingatan, pemahaman dan sebagainya) biasa dinilai. Sedagkan tes perbuatan lazimnya digunakan untuk menilai aspek kemampuan yang bersifat kemampuan.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar