TUGAS PELAJARAN
PRAKTEK PEMBELAJARAN
LAPANGAN ( P P L )
PERANGKAT
PEMBELAJARAN GURU
v PROGAM TAHUNAN
v PROGRAM SEMESTER
v SILABUS
v RPP
v EVALUASI
Disususn
Oleh: ARIDOL PUTRA
Dosen Pembimbing : AMZAD. M.PD
JURUSAN
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
FAKUTAS
TARBIYAH
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM AS-SUNNAH DELI DERDANG
2015
PROGRAM
TAHUNAN
Mata Pelajaran : Tauhid Status Pendidikan : MAN
Nama Sekolah : MAN 2 Payakumbuh Kelas : XII
Tahun
Pembelajaran : 2014 / 2015 Waktu : 60 JP
SEMESTER
|
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI & KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
KET
|
GENAP
|
v Memahami amar ma’ruf nahi mungkar serta
dalil-dalil dari Al-Qur’an dan Sunnah.
·
Menjelaskan
definisi amar ma’aruf nahi mungkar.
·
Menunjukkan
dalil-dalil tentang amar ma’ruf nahi mungkar.
·
Menjelaskan
keutamaan amar ma’ruf nahi mungkar.
·
Menjelaskan
akibat dan pengaruh buruk bagi orang yang meninggalkan amar ma’ruf nahi
mungkar.
|
8 JP
|
8 x 45”
|
Mengetahui Payakumbuh, 15 Me2015
Kepala Sekolah Man 2 Payakumbuh Guru Bidang Studi
IRFANDRI,
S.Pd.I, M.A Aridol
Putra, S.Pd.I
NIP : NIP :
PROGRAM
SEMESTER
Mata Pelajaran : Tauhid
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Tahun Pelajaran : 2014 / 2015
Semester : 2 ( Dua )
Standar
Kompetensi & Kompetensi Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
Bulan
|
||||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agus
|
Sep
|
Okt
|
Nov
|
Des
|
|||||||||||||||||||||
v Memahami Amar ma’ruf nahi mungkar serta
dalil-dalil dari Al-Qur’an dan Hadits.
|
||||||||||||||||||||||||||
|
2 x 45”
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
2 x 45”
|
|||||||||||||||||||||||||
|
2 x 45”
|
|||||||||||||||||||||||||
|
2 x 45”
|
|||||||||||||||||||||||||
v Ulangan harian
|
2
x 45”
|
|||||||||||||||||||||||||
v Ujian tengah semester
|
2 x 45”
|
|||||||||||||||||||||||||
v Ujian akhir semester
|
2 x 45”
|
|||||||||||||||||||||||||
Mengetahui Payakumbuh, 15 Mei 2015
Kepala Sekolah Man 2 Payakumbuh Guru Bidang Studi
IRFANDRI,
S.Pd.I, M.A Aridol Putra, S.Pd.I
NIP : NIP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama Sekolah : MAN 2 Payakumbuh
Mata Pelajaran : Tauhid
Kelas / Semester : XII /
Alokasi Waktu : 2 (Dua)
- Standar
Kompetensi
v Memahami
Amar Ma’ruf Nahi Mungkar Serta Dalil-Dalil dari Al-Qur’an dan Hadits.
- Kompetensi
Dasar
Ø Menjelaskan
definisi a ma’ruf nahi mungkar
Ø Menunkkan
dalil-dalil tentang amar ma’ruf nahi mungkar
Ø Menjelaskan
keutamaan amar ma’ruf nahi mungkar
Ø Menjelaskan
akibat dan pengaruh buruk bagi orang yang meninggalkan amar ma’ruf nahi mungkar
- Materi
Pembelajaran
- Amar Ma’ruf
Nahi Mungkar
- Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Diskusi
- Menghafal
- Langkah-Langkah
Pembelajaran
NO
|
URAIAN KEGIATAN
|
WAKTU
|
1
|
Ø Kegiatan Awal
v Apersepsi
v Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu
dan materi amar ma’ruf nahi mungkar
v Memberikan informasi tentang tujuan dan manfa’at
mempelajari amar ma’ruf nahi mungkar
|
10 menit
|
2
|
Ø Kegiatan Inti
v Siswa membaca referensi tentang amar ma’ruf nahi
munngkar
v Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang amar
ma’ruf nahi mungkar
v Siswa mendiskusikan tentang apa yang telah
dipelajarinya
|
60 menit
|
3
|
Ø Kegiatan Akhir
v Tanya jawab tentang materi amarma’ruf nahi mungkar
v Guru memberikan tugas tentang amar ma’ruf nahi
mungkar direferensi atau buku-buku ang lain.
|
20 menit
|
- Sumber
Belajar Dan Media Pembelajaran
ü Al-Qur’an
terjemahan dan hadits
ü Buku
amar ma’ruf nahi mungkar(menut ahlu Sunnah)
ü Proyektor
( meninton contoh orang-orang yang beramar ma’ruf nahi mungkar
- Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Pilihan
|
Contoh Instrumen
|
Ø Dapat menjelaskan penrtian amar ma’ruf nahi
mungkar
Ø Dapat menyenbutkan dalil-dalil nya
Ø Dapat mengetahui keutamaan orang yang mengamalkan
amar ma’ruf nahi mungkar
Ø Dapat menjelaskan akibat dan pengaruh bagi
orang-orang yang meninggalkan amar ma’ruf nahi mungkar
|
·
Tes
tertulis
·
Hafalan
·
Tes
tertulis
·
Tes
tertulis
|
v Uraian
v Uraian
|
ü Jelaskan makna amar ma’ruf nahi mungkar
ü Sebutkan dalil-dalil yang memerintahkan
beramarma’ruf dannahi mungkar
ü Apa saja keutamaan amar ma’ruf nahi mungkar
ü Sebutkan akibat bagi orang yang meninggalkan amar
ma’ruf nahi mungkar
|
Mengetahui Payakumbuh,
15 Mei2015
Kepala Sekolah Man 2 Payakumbuh Guru Bidang Studi
IRFANDRI,
S.Pd.I, M.A Aridol
Putra, S.Pd.I
NIP : NIP
EVALUASI
v Pengertian
evaluasi
Yang
dimaksud dengan evaluasi adalah suatu kegiatan untuk menentukan taraf kemajuan
dalam pendidikan. Evaluasi merupakan alat untuk mengukur samapi dimana
pengusaan murid terhdap bahan pendidikan yang telah deberikan
Adapun
ruang lingkup evaluasi pendidikan mencakup penilaian terhadap kemajuan belajar
atau hasil belajar murid dalamaspek
pengetahuan keterampilan dan sikap yang telah diikuti dalam
pembelajaran.
Evalusi terbagi menjadi
tiga :
1.
Kognitif
(pengetahuan)
2.
Afektif (sikap)
3.
Psikomotorik
(skill)
v Fungsi
dan tujuan evalusi adalah :
ü Evaluasi
formatif
ü Evaluasi
sumatif
ü Evaluasi
placement
ü Evaluasi
diagnostik
Formatif
untuk memberikan umpan balik kepada guru sebagai dasar untuk memperbaiki proses
belajar mengajar dalam mengadakan perbaikan program bagi murid, dengan demikian
hasil promatif ialah hasil ujian jangka pendek pada akhir satuan belajar.
Sumatif
(sumatif) adalah hasil ujian jangka panjang untuk menentukan hasil belajar
masing-masing murid yang demikian diantara lain untuk memberikan laporan
penilaian kepada orang tua dan penentuan kenaikan kelas.
Placement
(penetapan) untuk menetapkan murid dalam situasi belajar mengajar yang tepat
sesuai dengan program dan sesuai dengan kemampuan murid.
Diagnostik
(untuk mengenala latar belakang) murid yang mengalami kesulitan belajar.
v Jenis
evaluasi
- Evaluasi
harian
- Evaluasi
umum
- Evaluasi
pada akhir tahun
Ø Evaluasi
harian adalah kegiatan evaluasi yang dilakukan tiap hari baik yang telah
diberikan ataupun tidak.
Ø Evaluasi
umum adalah hasil belajar yang dilakukan setiap catur wulan atau akhir pembelajaran
Ø Evaluasi
pada akhir tahunan,yaitu yang dilakukan untuk mentukan kenaikan kelas.
v Cara
dan tekhik evaluasi
- Cara
evalusi
ü Kuantitatif
yaitu hasil evaluasi yang diberikan dalam bentuk angka, misalnya 60, 70, 85 dan lain-lain.
ü Kualitatif
yaitu hasil evaluasi yang diberikan dalam bentuk verbal, msalnya baik, kurang,
baik sekali, dan lain-lain.
- Teknik
evaluasi
ü Tekhnik
evaluasi digunakan disekolah dapat dibedakan kedalam dua golongan pokok yaitu :
- Tes
Tes
igunakan untuk menilai kemampuan murid yang meliputi pengetahuan dan
keterampilan sebagai hasil belajar bakat khusus dan intrlejensi yaitu terdiri
dari tiga bentuk :
- Uraian esai
tes, dibagi dua yaitu :
a. Uraian
bebas/free
b. Uraian
terbatas (limited easey)
- Objek tes
- Benar,
salah
- Pilihan
ganda
- Menjodohkan
- Isian
- Jawaban
singkat
- Bentuk tes
lain, selain bentuk esai tes dan objektif tes terdapat bentuk tes yang
berbeda antara lain :
- Bentuk
ikhtisar
- Bentuk
laporan
- Bentuk
khusus dalam perjalanan bahasa
- Non tes
Digunakan untuk menilai
karakteristik lainnya misalnya, minat, sikap dan kepribadian murid.
Terdiri antara lain :
- Obsepasi
terkontrol
- Wawancara
atau interviu
- Inventari
- Question
naire
- Anec detail
accounts
v Macam-macam
tes
Tes terbagi menjadi tiga :
- Tes
tertulis
- Tes lisan
- Tes
perbuatan
Aspek
yang bersifat kognitif (ingatan, pemahaman dan sebagainya) biasa dinilai. Sedagkan
tes perbuatan lazimnya digunakan untuk menilai aspek kemampuan yang bersifat
kemampuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar